November 03, 2007

Ade Candra ~ Personal Development ~

Today tingkat traffic kendaraan di kota Bandung entah mengapa sangat jauh berkurang. Pada saat candra berangkat ke kampus jalan-jalan cukup sepi dibandingkan hari-hari biasa. Memang tidak seperti saat lebaran kemarin, tetapi kondisi traffic yang cukup sepi bahkan di jalan-jalan yang biasanya macet, sangat mengagetkan dan membuat candra bertanya-tanya dalam hati tentang apa yang sedang terjadi.
Biasanya sesuatu yang tidak biasa akan mengagetkan kita dan membuat kita bertanya-tanya dalam hati tentang perubahan yang terjadi. Akan tetapi biasanya proses ini berhenti sampai di sini dan tidak ada tindak lanjut dari kita. Mungkin karena kita berpendapat bahwa segala sesuatu akan segera kembali menjadi seperti biasa. Barulah pada saat perubahan itu benar-benar terjadi, kita baru memulai sesuatu proses yang kita sebut dengan proses bertahan hidup; biasanya dengan cara beradaptasi terhadap perubahan tersebut karena akan sangat sulit bagi kita untuk bertahan hidup dengan berharap bahwa dunia yang akan berubah untuk kita.
Kenyataan inilah yang menjadi jawaban mengapa begitu banyak orang yang jatuh di saat-saat sulit bahkan mungkin di saat-saat tenang dalam hidup mereka. Ketidaksadaran bahwa dunia itu terus berubah menyebabkan kita hidup dalam zona kita sendiri yang selalu kita pertahankan tetap sama sampai selamanya. Karena biasanya suatu perubahan itu sakit sehingga kita selalu berusaha mempertahankan zona hidup kita tanpa adanya suatu perubahan. Akhirnya saat dunia memporak-porandakan zona hidup kita barulah kita melakukan suatu tahap self defence. Tidak ada orang yang ingin disalahkan atas sesuatu yang tidak diharapkan. Maka kita pun butuh kambing hitam sebagai sarana pelampiasan atas kesalahan kita. Di sinilah titik dimana kita biasanya menyalahkan Sang Pencipta yang mengizinkan hal-hal buruk terjadi atas hidup kita.
Tapi benarkah Sang Pencipta yang salah?
Ataukah kita yang sebenarnya menjadi penyebab atas semua hal buruk yang menimpa kita?
Berkacalah dan renungkan.....

Tidak ada komentar: