November 03, 2007

Ade Candra ~ Freedom ~

Sekarang cari program komputer apa saja hampir semua bisa ditemukan versi gratisnya yaa.. inilah kehebatan abad 21.. file sharing lewat internet yang luar biasa... walaupun sebenarnya itu melanggar hak intelektual si pembuat program.. tapi apa mau dikata.. di zaman ini saat harga-harga kebutuhan pokok saja sudah mahal bagaimana caranya untuk memenuhi kebutuhan sekunder dan tersier? Mau tidak mau harus ada cara alternatif yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan itu. mungkin inilah yang melatarbelakangi maraknya aksi pembajakan di mana-mana mulai dari pembajakan barang fisik seperti kaset, cd lagu, bahkan pakaian, dan barang-barang elektronik, sampai dengan pembajakan barang virtual seperti program komputer.
Dengan keadaan dunia terlebih indonesia yang semakin parah, maka tidak dapat dibayangkan kegilaan apa yang akan terjadi 20 tahun lagi.. mungkin aksi-aksi yang kita pikir sekarang tidak mungkin bisa jadi akan menjadi hal yang umum pada saat itu..
Bagaimana cara mengatasinya? tentu saja kita harus terus beradaptasi terhadap perubahan... siapa yang tidak dapat beradaptasi maka ia akan mati dimakan oleh zaman yang terus berkembang. tapi ingat bahwa hukum agama akan tetap ada sebagaimanapun majunya teknologi. Sebab yang membuat dunia ini adalah Sang Pencipta. Tentunya kita tidak dapat melawan Sang Pencipta bukan? karena itu perubahan harus kita lakukan dalam batas-batas manusiawi kalau tidak kita sebut agamawi.
Ingat sehebat apapun teknologi yang kita miliki, tetap saja kita tidak dapat melawan Sang Pencipta..
Renungan di atas harus mulai kita pikirkan... supaya jangan sampai kita menjadi manusia yang lupa daratan, lupa bahwa di atas langit selalu ada langit...

Tidak ada komentar: