Oktober 31, 2007

Ade Candra ~ Bisnis Online ~

Bisnis online....
Apa yang langsung terbersit dalam benak kamu when you listen about this?
maybe a lot of us langsung sinis begitu mendengar kata-kata bisnis online.
Maklum begitu banyak kejahatan yang terjadi di dunia maya ini yang mengatasnamakan bisnis online.
Sebenarnya pada dasarnya tidak ada yang salah dengan bisnis online... Perbedaan bisnis online dengan bisnis yang selama ini kita kenal hanyalah perbedaan pada medianya saja. Bisnis konvensional memerlukan interaksi langsung dimana penjual dan pembeli bertemu di suatu tempat dan membicarakan tentang transaksi suatu barang. Tentunya si penjual dan pembeli belum tentu saling mengenal tapi setidaknya mereka tau satu dengan yang lain. Dari pertemuan itu si penjual bisa mengamati perilaku si pembeli. Apakah benar-benar pembeli ini adalah pembeli ataukah orang berniat jahat yang memakai jubah pembeli.
Dalam bisnis online, analisa yang sama tidak dapat kita gunakan untuk mengenali motivasi seseorang. Walaupun si penjual dan pembeli bisa saling bertatapan melalui dunia maya tetapi tetap saja gelagat tidak baik si pembeli akan sulit untuk dikenali. Oleh karena itu banyak sekali terjadi kasus kejahatan yang terjadi dalam suatu bisnis online.
Banyak contoh kasus yang bisa kita lihat, sebagai contoh pembelian furniture online yang pembayarannya dibebankan pada kartu kredit orang lain. Tentu yang harus membayar barang-barang tersebut adalah si pemilik kartu kredit. Jadi dalam sebuah bisnis online, bahkan orang yang kelihatannya tidak berkaitan dengan transaksi jual beli suatu barang pun bisa ikut terseret ke dalamnya.
Jadi apakah kita harus parno setelah melihat begitu banyak kejahatan dalam dunia maya?
Tentu tidak. Mencari uang melalui dunia maya adalah salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan yang cukup besar. Mengapa? karena potensi penghasilan yang akan kita dapatkan adalah dalam bentuk mata uang asing. Tentu saja dengan nilai tukar mata uang kita yang cukup rendah kalau tidak kita sebut rendah, maka adalah suatu keuntungan besar bila kita bisa mendapatkan penghasilan dalam mata uang asing. Selain daripada itu tentu penghasilan kita pun biasanya di atas rata-rata pegawai konvensional. Juga kita tidak perlu terlalu banyak menguras uang dan tenaga untuk berpindah-pindah tempat, pokoknya tidak seperti pegawai konvensional pada umumnya. Terlebih dalam bisnis online, bisa jadi kita tidak beranjak kemana-mana selain ke kamar mandi dan meja makan. Selebihnya pekerjaan kita adalah di depan monitor. Dari hal-hal tersebut sudah dapat kita lihat suatu perbedaaan yang kontras antara pegawai konvensional biasa dengan orang yang berbisnis online. Terlebih jikalau kita bicara potensi pendapatan kita.
Sangat menggiurkan bukan?
Sekedar saran dari ade candra buat kita yang mau terjun di bisnis online ini adalah selalu hati-hati dalam melakukan berbagai tindakan. Jangan sampai apa yang kita lakukan malah berbalik menghantam kita. Bukan keuntungan yang kita dapatkan melainkan kebuntungan.
Buntung?? siapa yang mau??

Tidak ada komentar: