Oktober 31, 2007

Ade Candra ~ Job Expo ~

For announcement :
Tanggal 29 Oktober sampai dengan tanggal 1 November 2007 di kota Bandung diselenggarakan 3 buah job expo di 3 tempat yang berbeda dengan 3 event organizer yang berbeda-beda.

Sebuah fenomena yang sangat menarik bukan? bisa dibayangkan ada 3 buah job expo yang diselenggarakan oleh 3 event organizer di 3 tempat yang berbeda dengan waktu yang nyaris bersamaan. Bagi job seeker atau para pencari kerja mungkin hal ini sangat menguntungkan karena berbagai macam perusahaan dengan berbagai macam lowongan pekerjaan akan tersedia di tempat yang dipakai untuk job expo tersebut. Tapi apakah benar seperti itu? Memang para perusahaan yang membutuhkan pegawai baru berkumpul di tempat-tempat tersebut sehingga memudahkan para job seeker untuk mencari lowongan pekerjaan yang dia inginkan. Dia tinggal datang ke tempat tersebut dan memilih jenis pekerjaan yang tersedia atau bahkan memilih perusahaan yang ingin dia masuki. Tetapi apakah lowongan yang disediakan adalah pekerjaan yang bermacam-macam? sebenarnya tidak.... Lowongan yang tersedia rata-rata memiliki kesamaan antara satu perusahaan dengan perusahaan lain. Ditambah lagi dengan meledaknya pengeluaran pada satu waktu (biaya print dan fotokopi surat lamaran and cv), biaya transportasi, tiket masuk, biaya makan, dan biaya-biaya lain yang tak terduga.
Dari segi perusahaan yang pastinya membayar sejumlah uang untuk mendapatkan stan di job expo tersebut, apakah keuntungan yang dia dapatkan? pastinya perusahaan ingin mendapatkan pegawai yang dia inginkan walaupun hal tersebut belum dapat dipastikan. Selain itu apakah yang perusahaan dapatkan? kemungkinan besar tidak ada.
Jadi dengan adanya job expo yang biasanya diadakan setiap beberapa bulan sekali, siapa yang paling diuntungkan? Job seeker? perusahaan yang menyewa stan? ataukah event organizer penyelenggara job expo tersebut?
Mungkin ade candra bisa memberi sedikit masukan bagi penyelenggaraan job expo. Diharapkan semua event organizer penyelenggara job expo untuk saling berkomunikasi supaya jangan sampai ada job expo yang waktu penyelenggaraannya bersamaan. Alangkah lebih baik jikalau waktu penyelenggaraan berbeda-beda, sebagai contoh setiap bulan atau 2 bulan sekali. Seharusnya ini lebih menguntungkan bagi para pencari kerja.
Pertanyaannya mungkinkah ada event organizer yang mau mengalah? BISAKAH?

Tidak ada komentar: